Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi terus mendorong keterlibatan masyarakat, khususnya akademisi dan mahasiswa, dalam penentuan kebijakan guna kemajuan sektor transportasi. Hal ini disampaikan Menhub dalam acara apresiasi pemenang Kolaborasi Analisis Kebijakan Majukan Transportasi Indonesia (KAMI) Awards 2024, yang menjadi salah satu acara pada Hub Space 2024, di JI-Expo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (7/9).

"Tanggung jawab kami untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk memberi masukan bagi pengelolaan transportasi yang lebih baik. Acara ini menjadi tonggak agar semakin banyak masyarakat yang bersemangat turut terlibat dan berperan serta dalam mewujudkan transportasi yang andal dan berkelanjutan," ujar Menhub.

Menhub menyampaikan, sektor transportasi di Indonesia memegang peranan penting dalam mendukung pembangunan nasional. Pada beberapa tahun terakhir, kemajuan teknologi digital telah memberikan dampak yang signifikan, membuka peluang baru untuk meningkatkan efisiensi operasional dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna jasa transportasi.

Kementerian Perhubungan memiliki visi besar dalam mewujudkan konektivitas nasional yang andal, berdaya saing dan memberikan nilai tambah. Untuk mencapai hal tersebut, Kemenhub berupaya secara maksimal dalam mewujudkan mobilitas orang dan barang melalui konektivitas yang memadai bagi masyarakat serta meningkatkan kualitas pelayanan dan keselamatan transportasi.

"Sebagai upaya dalam peningkatan konektivitas dan pelayanan transportasi, kebijakan Kementerian Perhubungan berorientasi Indonesia Sentris, di mana infrastruktur transportasi adalah backbone dalam menunjang pertumbuhan ekonomi" lanjut Menhub.

Lebih lanjut, Menhub menyampaikan bahwa sektor transportasi terus bertransformasi, didorong oleh berbagai faktor diantaranya pengembangan teknologi, integrasi antarmoda, transisi energi, disrupsi model bisnis transportasi, inklusi serta demand masyarakat.

Menhub berharap kemampuan SDM transportasi dapat terus meningkat, terutama dalam memahami dan mengaplikasikan teknologi terkini dalam sektor transportasi serta berpikir kreatif dan mengembangkan solusi inovatif untuk permasalahan transportasi. SDM transportasi yang berakhlak, andal, profesional, kompetitif dan berdaya saing global diperlukan untuk menuju transformasi sektor transportasi.

"KAMI Awards Tahun 2024 diharapkan dapat menjadi salah satu ajang dalam mendukung peningkatan SDM transportasi serta sebagai motivasi dalam menyusun berbagai kebijakan sektor transportasi yang lebih baik," imbuh Menhub.

Sebagai informasi, KAMI Awards merupakan sebuah kompetisi karya tulis yang yang diselenggarakan Kemenhub melalui Badan Kebijakan Transportasi (BKT), di mana tahun ini merupakan penyelenggaraan yang ke-2.

KAMI Awards 2024 mengambil tema utama 'Transportasi Maju Menghubungkan Indonesia', dengan 7 sub tema yakni Safety and Security Transportation, Connectivity and Mode Integration, Sustainable Transport, Logistic, Transportation Science and Technology, Transportation Business and Management, serta Transportation Interdisciplinary Perspective.

Menhub mengucapkan selamat kepada 15 finalis yang terpilih dalam ajang Kami Awards 2024, yaitu 5 peserta Kategori Khusus, 5 peserta Kategori Umum, dan 5 peserta Kategori Mahasiswa. (WN/HH/GT/BRD)