Jakarta (16/03/2012) Dalam rangka mewujudkan kinerja dan pelayanan yang baik dan bermutu di sektor transportasi, diperlukan kerja keras dan kerja cerdas dari seluruh insan perhubungan. ISO 9001:2008 merupakan sistem manajemen mutu yang sesuai dengan prosedur dan persyaratan standar internasional sehingga dapat memperbaiki kinerja organisasi, terlepas dari jenis dan bentuk organisasi dimaksud.

Setelah pada tahun 2011, Ditjen Perhubungan Darat berhasil mendapatkan Sertifikat Penghargaan ISO 9001:2008 pada Unit Pelayanan Izin Penyelenggaraan Angkutan Pariwisata, atas prakarsa dan peningkatan kinerja pelayanan yang baik dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, pada tahun 2012 ini Direktorat Jenderal Perhubungan Darat kembali berhasil mendapat sertifikat ISO 9001:2008 pada Unit Pelayanan Perizinan Penyelenggaraan Angkutan Barang dan ISO 9001:2008 untuk Uji Tipe dan Sertifikasi Registrasi Uji Tipe Kendaraan Bermotor.

Sertifikat ISO 9001:2008 pada Unit Pelayanan Perizinan Angkutan Barang dan Sertifikat ISO 9001:2008 Uji Tipe dan Sertifikasi Registrasi Uji Tipe Kendaraan Bermotor yang diterima Ditjen Perhubungan Darat ini pada awalnya didasari oleh komitmen yang kuat dalam menentukan kebijakan dan sasaran mutu organisasi, khususnya dalam pelaksanaan perizinan. Diharapkan komitmen tersebut dapat dilaksanakan dengan menerapkan konsep dan sistem manajemen mutu sebagaimana prosedur dan persyaratan ISO 9001:2008 secara konsisten dan berkesinambungan, melakukan evaluasi dan monitoring untuk memperbaiki segala kekurangan dan kesalahan dalam pelaksanaan kegiatan, khususnya di tingkat internal organisasi, meninjau kembali penerapan sistem manajemen mutu pelayanan, dan melakukan audit pengawasan oleh Badan Sertifikasi Internasional secara bertahap, sehingga kinerja dan pelayanan yang telah baik dapat dipertahankan.

Diharapkan penghargaan sertifikat ISO 9001:2008 yang diterima Ditjen Perhubungan Darat ini dapat memacu prestasi kerja Kementerian Perhubungan, berupa peningkatan dan perbaikan kinerja yang berkelanjutan (continuous improvement) serta peningkatan kualitas pelayanan transportasi sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. (RS)