(Jakarta, 2/12/2013) Dalam rangka untuk meningkatkan pemahaman terhadap implementasi Undang-Undang (UU) Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dan Peraturan Pelaksanaannya bagi segenap jajaran Direktorat Jenderal Perhubungan Laut baik di Kantor Pusat maupun seluruh Unit Pelaksana Teknik (UPT) di daerah.
Direktorat Jenderal perhubungan Laut menyelenggarakan Seminar KIP Tahun 2013 dengan tema “Peningkatan Layanan Informasi Menuju Optimalisasi Pemenuhan Pelayanan Publik” yang diadakan di 2 (dua) lokasi, yaitu Surabaya dan Batam. Seminar KIP Tahun 2013 yang pertama telah berlangsung di Hotel Novotel, Surabaya, pada hari Kamis tanggal 29 November 2013 dan akan dilaksanakan kembali di Hotel I, Batam, pada hari Selasa tanggal 3 Desember 2013.
“Seminar kali ini diselenggarakan dengan tujuan agar dapat menyatukan langkah dan meningkatkan kerjasama diantara Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pelaksana di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubunugan Laut serta sebagai wahana untuk meningkatkan pemahaman terhadap implementasi UU KIP beserta peraturan pelaksanaannya di lingkungan Kementerian Perhubungan”. Ujar Sesditjen Hubla, Capt. Erwin Rosmali, MM.
Dikatakan juga “untuk pelaksanaan KIP yang baik dan benar di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut sangat dibutuhkan pelayanan yang tepat dan benar dalam pelayanan informasi serta sikap yang responsive terhadap pemohon informasi dan koordinasi para PPID Pelaksana di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut baik di pusat maupun di seluruh UPT di daerah”.
Lebih jauh dikatakan, “dengan pemahaman yang tepat dan benar terhadap tata cara pemberian pelayanan informasi yang sesuai dengan UU KIP dan peraturan pelaksanaannya tersebut, diharapkan ke depan akan mampu meningkatkan pelayanan informasi serta mengoptimalkan pengelolaan dan pelayanan publik yang efisien dan transparan pada masing-masing unit kerja di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut”.
“Semoga seminar ini dapat memberikan manfaat dalam meningkatkan pelayanan informasi sehingga pelayanan publik bagi masyarakat dapat yerpenuhi secara baik”. Ujar Capt. Erwin Rosmali, MM. (KND)